Minggu, 13 September 2015

Paduan Suara Vox Amici OMK PKKC

Vox Amici OMK PKKC

Ia yang bernyanyi dengan baik sama dengan berdoa dua kali (Qui Bene Cantat Bis Orat)”, demikian kata Santo Agustinus dari Hippo. Bernyanyi adalah salah satu cara memuji dan memuliakan Allah, dengan menyanyi sepenuh hati kita telah memberikan persembahan yang begitu indah kepada Allah. OMK sebagai penerus masa depan Gereja pun harus memiliki sebuah wadah yang memfasilitasi para anggota untuk dapat bernyanyi dan memuji Allah. Gagasan itulah yang menjadi fondasi pembentukan paduan suara OMK Paroki Keluarga Kudus Cibinong.

Latar belakang dibentuknya paduan suara Paroki ini adalah melihat kebutuhan OMK untuk berkumpul dan berkomunitas. Tetapi di sisi lain, dalam berkomunitas OMK juga diharapkan dapat saling bekerja sama dan bersama-sama memuji Allah dalam satu kesatuan. Akhirnya digagaslah pembentukan paduan suara paroki. Sebenarnya di wilayah-wilayah yang tergabung dalam paroki sudah terbentuk paduan suara tapi atas nama masing-masing wilayah. Oleh sebab itu dibentuklah paduan suara tingkat paroki yang anggotanya terdiri dari berbagai wilayah.

Setelah diputuskan akan dibentuk, akhirnya OMK Paroki secara khusus mengadakan pertemuan rutin dengan latihan koor untuk bertugas di Misa peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2015. Ternyata antusiasme para OMK di Paroki sungguh besar hingga akhirnya tugas koor dapat berjalan dengan lancar. Misa pada hari kemerdekaan Indonesia tersebut menjadi tugas perdana dari paduan suara OMK Paroki Keluarga Kudus Cibinong.

Setelah itu mulai dicari nama yang tepat untuk paduan suara yang baru saja dibentuk. Ada beberapa usulan untuk nama yaitu “Vox Sanctae Familliae (suara Keluarga Kudus), Felicitas (kebahagiaan), dan lain-lain. Namun akhirnya diputuskanlah nama “Vox Amici yang secara etimologis kata berarti “suara para sahabat/suara sahabat-sahabat” tetapi juga merupakan akronim dari “Anak Muda-mudI Cibinong” menjadi nama bagi paduan suara OMK Paroki Keluarga Kudus Cibinong. Harapannya, paduan suara Vox Amici ke depannya mampu menjadi wadah kreativitas dan bentuk revolusi mental OMK di Cibinong. Tak hanya itu, kelompok paduan suara ini juga merangkul dan mewadahi segenap OMK lingkungan dan wilayah dalam paroki untuk dapat melakukan pelayanan bersama demi Allah yang mencintai semua orang.

Romo Hendrik sendiri selaku pastor kepemudaan di Paroki Cibinong menyatakan harapan singkatnya “semoga tercipta persahabatan melalui penyatuan”. Baginya yang terpenting bukanlah panjangnya harapan, tetapi yang terpenting adalah usaha dalam mewujudkan segala harapan. Semoga Vox Amici ke depannya dapat semakin berkembang dan tidak pernah lupa untuk terus memperbarui diri (semper reformanda).

Dominus vobis cum!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar